Kamis, 07 November 2013

TIPS CARA YANG TEPAT MERAWAT IKAN KOI DALAM KOLAM AQUARIUM


Kolam koi yang sehat akan membuat ikan koi menjadi sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit. Perlengkapan dalam kolam termasuk hal yang vital dalam menjaga kesehatan koi. Berikut ini adalah perlengkapan yang penting untuk perawatan kolam.

PERTAMA
Filter kolam. Filter ini berfungsi untuk menyerap bahan kimi dan polutan di dalam air kolam yang dapat membahayakan kesehatan kolam dan untuk menyedot kotoran ikan yang dapat memperkeruh air kolam. Filter ini merupakan alat yang sangat penting dan wajib dimiliki di dalam kolam.

KEDUA

Alat perlengkapan kolam koi yang juga cukup penting adalah pompa air. Pompa air berguna untuk menjaga sirkulasi air kolam agar air dapat tetap bersih dan jernih. Pompa air ini membantu filter agar air yang bersih telah disaring oleh filter yang dapat diedarkan di seluruh penjuru kolam oleh pompa ini.

KETIGA

Penggunaan dechlorinator dan baking soda. Dechlorinator itu berfungsi sebagai penghilang unsure klorin yang dapat membahayakan kesehatan koi yang terdapat pada air kolam sedangkan baking soda berfungsi untuk menjaga pH air agar tetap netral. Untuk mengetahui adanya zat klorin dan pH air, kita dapat mengetahui dengan menggunakan alat tes air yang banyak dijual di toko hewan.

KEEMPAT

Perlengkapan kolam koi yang berguna adalah air stone. Air stone adalah batu yang berpori seperti kapur yang diletakkan di dasar kolam. Airstone ini berfungsi sebagai penjaga oksigen dalam air agar pasokan oksigen di dalam air selalu cukup dan memadai.

KELIMA

Agar kolam koi terlihat indah, kita juga dapat menghias kolam dengan menambahkan ornament. Ornamen-ornamen itu contohnya adalah air mancur, patung keramik yang dapat dipasang di tengah kolam, air terjun buatan, dan masih banyak lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar